Gagal Pasang Linux Debian dan Solusinya

Haii kemarin (24 April 2016) baru saja saya menginstal linux debian, sebenarnya ini bukan gagal instal linux debian tapi lebih tepatnya salah instal linux debian.

Setelah sebelumnya saya melakukan sedikit riset tentang debian, debian itu merupakan linux yangi stabil karena distro ini banyak digunakan oleh kebanyakan orang, bahkan turunan dari linux debian adalah ubuntu yaitu linux yang sudah terkenal dengan GUI nya.

Sebelumnya Operating System yang terinstal di laptop saya adalah windows 7 dan backbox linux (turunan ubuntu) nah setelah saya berfikir akhirnya saya memutuskan untuk mengganti backbox dan menginstal debian. Jadi rencana saya OS di Laptop nanti adalah Debian dan Windows 7.

Kejadian dimulai dari pagi hari tanggal 24 April, saat pagi hari sekitar jam setengah 6 saya pergi kesawah untuk mendownload file ISO linux debian. Kenapa saya kesawah ? Karena disawah belakang rumah itu sinyal nya menjangkau 3G, sedangkan dirumah hanya mencakup Edge. Perlu diketahui saja bahwa jarak antara rumah sampai sawah hanyalah sekitar 100-200 meter saja. Tetapi sinyal di sawah sangat lah lancar untuk mendownload karena sudah 3G.

Saya membuka web debian, lalu saya mendownload file ISO di web tersebut. Akhirnya setelah menunggu beberapa saat file download-an saya selesai. Skip lanjut sore hari ==>>

Setelah semua bahan yang diperlukan sudah tersedia, saya mulai membuat booting pada flashdisk saya. Setelah selesai saya lalu melakukan instalasi ke laptop.

Masalah awal muncul saat instalasi jaringan yaitu membutuhkan driver wifi, kurang lebih muncul tulisan ILWIFI...... tetapi saya sudah pernah mengatasinya, opsi pertama yaitu menyiapkan flashdisk yang sudah di isi file yang dibutuhkan, dan opsi kedua adalah melakukan pengaturannya nanti. Saya memilih mengaturnya nanti saja karena saya belum menyiapkan wifi.

Selanjutnya dalam saya melakukan instalasi tidak ada kendala, sampai saya pada tahap terakhir yaitu finishing. Setelah finish otomatis laptop akan melakukan reboot dan disinilah muncul masalahnya. Debian yang saya instal hanya gambar hitam saja tanpa ada gambar satu pun, hal ini lebih dikenal dengan CLI saya kebingungan karena sebelumnya saya tidak pernah menggunakan linux berbasis CLI. Saya biasanya menggunakan linux dengan GUI sehingga memudahkan saya.

Karena kebingungan saya ini akhirnya saya mencoba instal lagi, dan hasilnya pun tetap sama yaitu tampilan hanya hitam dan hanya muncul teks saja. Kemudian saya mencari tutorial di google dan dari penjelasan yang saya dapat adalah pilih “grapichal instal” saat melakukan instalasi.

Saya pun mencobanya, tetapi hasil masih tetap CLI. Karena masih penasaran akhirnya saya melakukan instal lagi tapi masih tetap tampilan CLI.

Saya membuka tutorial lagi dan saya tahu bahwa saat instalasi harus memilih instal versi dekstop nya atau “desktop environtmen” di bagian pemilihan software. Dan saya mencobanya tetapi saya tidak menemukan pemilihan software di Laptop saya, yang ada hanya satu pilihan software saja.

Karena masih penasaran akhirnya saya mencoba instal lagi, saya coba instal dan instal tapi tetap saja masih gagal. Saya sampai bertanya ke grup yang membahas linux, dan dari sana ada yang memberikan solusi, yaitu dengan memilih software “desktop environment” saat intal. Dari itu saya jelaskan bahwa tidak ada pilihan softwarenya dan akhirnya dengan obrolan yang panjang tenyata saya salah download file iso.

File ISO yang saya download adalah berukuran sekitar 700 MB dengan nama ada netinstal dibelakangnya. Sedangkan orang memberikan saya solusi besar file nya adalah 4GB naah dari sini mulai diketahui permasalahannya bahwa jika file yang saya download itu harus melakukan download file lagi untuk mendapat tampilan GUI dan untuk file yang besarnya 4GB itu adalah seluruh paket sudah ada di file tersebut sehingga tidak perlu melakukan download ulang untuk mendapatkan tampilan GUI.

Akhirnya saya berterimakasih kepada orang yang telah memberi saya solusi tersebut, dan saya di beri link download file iso nya.

Nah demikian tadi pengalaman saya menginstal debian, jika ada teman teman yang mengalami masalah seperti saya bisa berikan komentarnya di bawah sini.
Sekian dan terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gagal Pasang Linux Debian dan Solusinya"

Post a Comment

1. Berikan Komentar yang Relevan
2. Tidak Mengandung SARA
3. Berkomentar yang Sopan

Konsultasi Aplikasi