Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan

Jeruk, buah yang sering dijumpai di berbagai belahan dunia. Buah jeruk dapat tumbuh dimana saja selagi mendapatkan kebutuhan air yang cukup. Jeruk hidup subur di negara Indonesia, karena Indonesia memiliki iklim tropis yang cocok untuk hampir segala jenis tumbuhan.



Buah jeruk memiliki bentuk bulat, jika sudah masak kulitnya berwarna kuning dan memiliki rasa manis. Buah jeruk sangat baik untuk dikonsumsi bagi manusia karena memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi. Buah jeruk juga sangat digemari karena rasanya yang manis.

Apa saja manfaat dan keuntungan dari buah jeruk ??

1 Mencegah dan Mengobati Sariawan
Sariawan yaitu luka yang terdapat pada bibir mulut bagian dalam, sariawan disebabkan karena kurangnya asupan Vitamin C. Jika sudah terkena sariawan, maka sebaiknya memperbanyak konsumsi buah jeruk, karena buah jeruk memiliki manfaat untuk mengobati sariawan. Berkat kandungan Vitamin C yang tinggi pada buah jeruk, maka sariawan dapat disembuhkan dengan mengonsumsi buah jeruk. Untuk mencegah terkena sariawan ada baiknya rutin mengonsumsi buah buahan yang kaya akan vitamin C, salah satunya dapat mengonsumsi buah jeruk.

2 Menjaga kulit dari kerusakan
Dalam buah jeruk juga terdapat anti oksidan yang dapat mengurangi masalah kulit karena terlalu lama terkena sinar matahari. Vitamin C turut membantu pembentukan kolagen dalam sistem pelindung kulit dari kerusakan. Vitamin C pada buah jeruk dipercaya dapat mengurangi terjadinya keriput, dan dapat memperbaiki tekstur kulit yang rusak. Buah jeruk sangat cocok bagi yang ingin tampil awet muda.

3 Sebagai asupan Vitamin C yang berlimpah
Vitamin C pada buah jeruk sangatlah melimpah, dan pada satu buah jeruk sudah dapat mencukupi kebutuhan vitamin C untuk aktifitas dan kegiatan sehari hari. Konsumsi jeruk setiap hari untuk memenuhi kebutuhan vitamin C.

4 Meningkatkan kinerja otak
Buah jeruk selain memiliki kandungan vitamin C, buah ini juga memiliki kandungan asam folat yang mampu untuk menjaga dan meningkatka kinerja otak. Asam folat ini terdapat pada bulir bulir buah jeruk. Buah jeruk juga memiliki fitonutrien atau polifenol yang dapat membantu untuk meningkatkan memori otak.
5 Mencegah Leukimia
Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Epidemiology, jika seseorang rutin mengkonsumsi pisang, jeruk dan jus jeruk dalam dua tahun, maka dapat mengurangi risiko pengembangan leukimia.
6 Baik Untuk Tulang
Walaupun kandungan kalsium pada buah jeruk tidak banyak, akan tetapi dapat menjadi alternatif dan tambahan untuk kebutuhan kalsium pada tulang. Kandungan kalsium pada 180 gram jeruk memuat 5-7% kebutuhan harian kalsium tubuh kita.

7 Menghilangkan haus
Dan manfaat yang terakhir dari buah jeruk adalah dapat menghilangkan haus :D karena tingginya kandungan air pada buah jeruk maka buah ini dapat dijadikan untuk menghilangkan haus pada diri anda.

Sudah pada tahu kan manfaat dari buah jeruk??? Mulai sekarang yuk kita konsumsi buah jeruk dengan rutin agar dapat merasakan manfaatnya.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan"

  1. Wahh mantap nih.. harus banyak konsumsi jeruk kalau begitu

    ReplyDelete
  2. Jeruk emang banyak khasiat dan manfaatnya gan,. tapi yaitu sekarang harganya lumayan mahal, hehehe

    ReplyDelete

1. Berikan Komentar yang Relevan
2. Tidak Mengandung SARA
3. Berkomentar yang Sopan

Konsultasi Aplikasi