Cara Menginstall Mysql Pada Ubuntu Desktop Maupun Server

Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan membuat tutorial untuk menginstall Mysql Pada Ubuntu Linux Desktop Maupun Ubuntu server. Disini kalian bisa juga menginstallnya di semua server yang berbasiskan debian.

Sebelum ke pembahasan utama sebaiknya anda tahu terlebih dahulu apa itu mysql. disini danil mengip pengertian mysql dari

MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus di mana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL.

Tidak sama dengan proyek-proyek seperti Apache, di mana perangkat lunak dikembangkan oleh komunitas umum, dan hak cipta untuk kode sumber dimiliki oleh penulisnya masing-masing, MySQL dimiliki dan disponsori oleh sebuah perusahaan komersial Swedia MySQL AB, di mana memegang hak cipta hampir atas semua kode sumbernya. Kedua orang Swedia dan satu orang Finlandia yang mendirikan MySQL AB adalah: David Axmark, Allan Larsson, dan Michael "Monty" Widenius.

Jadi intinya mysql ada sebuah software database atau database management system (DBMS).

Untuk menginstall mysql pada ubuntu server ataupun ubuntu desktop sangat mudah. Berikut ini adalah cara menginstall mysql pada ubuntu server.

1. Buka terminal
2. Masuk kedalam user root ( sudo su )
3. Ketik "apt-get install mysql-server"


4. Setelah itu maka proses akan berjalan, dan kemudian isikan password untuk user root


5. Setelah itu maka mysql sudah terinstall dan untuk menjalankannya menggunakan command "service mysql start" kemudian cek status nya "service mysql status"


6. Untuk login ke mysql menggunakan command "mysql -u root -p"


Maka akan diminta mengisi passwordm isi pasword yang telah dibuat tadi. jika ingin login dengan user lain bisa hanya tinggal ganti saja root dengan user yang diinginkan.

Nah mudah bukan untuk menginstall mysql pada ubuntu server. cara ini tidak hanya berlaku untuk server saja, akan tetapi untuk desktop pun berlaku. dan berlaku juga untuk semua distro linux berbasis debian.

Sekian postingan kali ini semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menginstall Mysql Pada Ubuntu Desktop Maupun Server "

Post a Comment

1. Berikan Komentar yang Relevan
2. Tidak Mengandung SARA
3. Berkomentar yang Sopan

Konsultasi Aplikasi