Tutorial Membuat DNS Server Menggunakan Bind9 Pada Ubuntu

Ubuntu sudah sangat terkenal sekali kehandalannya baik untuk desktop maupun untuk server. Kesempatan kali ini saya akan membuat tutorial installasi DNS server menggunakan Bind9 Pada ubuntu server.

Pastikan kalian sudah punya server yaa sebelum mengikuti tutorial ini, bisa menggunakan VPS atau juga dapat menggunakan Virtual Box.
Pada contoh ini saya menggunakan virtual box, dan untuk settingan virtual box nya silakan kalian cari sendiri agar dapat terhubung ke internet.

Selain menggunakan virtual box bisa juga menggunakan VPS atau virtual private server. Tapi jika kalian menggunakan vps maka kalian harus bayar sendiri untuk biaya sewa vpsnya. 
Langsung saja ke tutorial installasi DNS Server dengan menggunakan bind9 pada ubuntu server.

Pastikan anda sudah masuk dalam user root.
1. Setting Ip menjadi IP static. Ikuti saja pada gambar dibawah ini, Ip disesuaikan dengan ip server anda. Pada kesempatan lain akan saya buatkan tutorial membuat ip menjadi ip static di ubuntu. file yang di edit adalah /etc/network/interfaces


2. Setelah ip menjadi static maka selanjutnya adalah install bind9 dengan perintah "apt-get install bind9" tunggu hingga proses installasi bind9 selesai.


3. Edit file named.conf.local menggunakan editor nano, tapi sebelumnya lakukan backup terlebih dahulu ya. backup : cp /etc/bind/named.conf.local /etc/bind/named.conf.local.ori
edit : nano /etc/bind/named.conf.local



4. Setelah masuk kedalam file yang akan diedit silakan tambahkan konfigurasi DNS Server seperti dibawah ini. Pada file zone kedua Ip adress kita dibalik, misal 192.168.142.244 maka menjadi 142.168.142. dan pada bagian konfig yang paling bawah menggunakan nama db.244 yaitu ip terakhir kita. Setelah itu simpan dan keluar.


5. Copy konfig local dari db.local menjadi db.namadomainanda, hal ini untuk memudahkan agar tidak menulis konfig lagi, jadi kita copy konfig yang sudah ada kemudian modifikasi saja.


6. Buka lagi dengan editor nano, dan tambahkan konfigurasi seperti dibawah ini. Untuk domain dan ip silakan disesuaikan.


7. Selanjutnya copy dari file db.127 menjadi db.ipterakhiranda, dan tambahkan konfigurasi seperti dibawah ini. O iya sebelum disimpan pastikan naikkan terlebih dahulu angka pada bagian serial.



8. Selanjutnya adalah edit file resolv.conf sesuaikan isinya dengan ip server milik kita.


9. Silakan restart service bind9 kemudian cek statusnya. Jika sudah berwarna hijau maka domain kita sudah siap digunakan. o iya disini kan saya masih menggunakan server lokal, jadi bebas bisa menggnunakan domain apa saja.


10. Silakan buka browser anda dan ketikkan namadomain yang sudah anda buat tadi, maka domain sudah siap digunakan.

Semoga tutorial ini dapat bermanfaat dan sampai jumpa di tutorial selanjutnya. Jika kalian ingin belajar konfigurasi Server bisa belajar bersama saya secara online (online training) atau jika tidak ingin online training bisa menunggu video tutorial saya di yutub (gratis). 

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Tutorial Membuat DNS Server Menggunakan Bind9 Pada Ubuntu"

1. Berikan Komentar yang Relevan
2. Tidak Mengandung SARA
3. Berkomentar yang Sopan

Konsultasi Aplikasi