Cara Mengganti Password Linux

Assalamualaikum wr wb
Alhamdulillah hari ini bangun pagi bisa buat post di blog berbagi template gratis ini. Pada sebelumnya saya sudah membuat postingan tentang Cek User yang login di linux. Nah untuk postingan kali ini saya akan buat tentang cara mengganti password linux.

Cara Mengganti Password Linux

Kenapa password linux perlu diganti ? Mengganti password di linux atau server yang kita miliki berfungsi agar server linux yang kita kelola tetap aman. Mengganti password root linux ini merupakan salah satu cara mengamankan server karena kalau kita tidak rutin mengganti password, bisa saja ketika kita pernah memberikan orang lain akses login ke server linux kita maka orang itu bebas merubah server kita. 

Kalau dalam kasus memberi akses login masih ada kerja sama sih engga masalah, tapi kalau kerja sama sudah habis maka ini menjadi masalah. Bisa jadi orang yang kita beri akses login mengacak acak server linux kita bahkan ia ganti password root linux (ubuntu, debian, centos) kita.

Contoh kasus lagi kalau ada hacker yang mengetahui password  root linux server kita, sang hacker bisa bebas akses karena sudah dapat akses root. Ini berbahaya, oleh karena itu kita perlu rutin mengganti password linux yang kita miliki. Karena server biasanya isinya sangat penting seperti ada SSH Server, Web Server Apache, DNS Server, dan masih banyak lainnya.

Cara Mengganti Password Linux User Biasa

Mengganti password linux ini bisa anda terapkan di berbagai distro linux, seperti ubuntu, debian, centos, mint, dan distro lainnya.

Pertama silakan buka terminal linux anda kemudian ketikkan "passwd"
Kedua isi password lama anda, dan kemudian isi password yang baru.
Kalian harus membuat password yang panjang dan ada campuran angka atau karakter, karena kalau password terlalu simpel maka sistem akan menolak seperti kasus dibawah ini. Selanjutnya saya coba lagi mengganti password linux dengan lebih kompleks dan berhasil.

Cara Mengganti Password Linux

Itu diatas adalah gambar ketika password terlalu simpel. Dibawah ini ketika sudah berhasil

Cara Mengganti Password Linux

Sekian postingan saya kali ini semoga bermanfaat. Sampai jumpa di post berikutnya. Baca beberapa juga post saya tentang linux :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengganti Password Linux"

Post a Comment

1. Berikan Komentar yang Relevan
2. Tidak Mengandung SARA
3. Berkomentar yang Sopan

Konsultasi Aplikasi