Pengertian dan Simbol DFD (Data Flow Diagram)

Assalamualaikum wr wb
Alhamdulillah masih diberi keselamatan dan selalu dalam lindungan Allah sehingga saya bisa membuat postingan berjudul Pengertian dan simbol dfd. Sekilas tentang dfd, dfd kepanjangan dari data flow diagram. DFD digunakan untuk meggambarkan suatu sistem berupa simbol simbol agar mudah dibaca oleh programmer. Biasanya DFD masuk dalam mata kuliah Analisis dan Perancangan Sistem Informasi, pokoknya biasanya masuk ke mata kuliah yang berhubungan dengan sistem biasanya ada DFD.

Di postingan saya kali ini saya akan jelaskan banyak hal, tidak hanya Pengertian DFD saja tapi juga simbol simbol pada dfd.

Pengertian DFD

Pengertian DFD menurut beberapa ahli. Disini saya akan jelaskan beberapa pegertian dfd.

Pengertian DFD : Wikipedia

Diagram alir data (bahasa Inggris: Data flow diagram, DFD) adalah suatu diagram yang menggunakan notasi-notasi untuk menggambarkan arus dari data pada suatu sistem, yang penggunaannya sangat membantu untuk memahami sistem secara logika, terstruktur dan jelas. Diagram ini digunakan alat bantu dalam menggambarkan atau menjelaskan proses kerja suatu sistem.

Pengertian DFD : Jogiyanto H.M 

DFD adalah diagram yang menggunakan notasi-notasi untuk menggambarkan suatu sistem yang telah ada atau sistem baru yang akan dikembangkan secara logika tanpa mempertimbangkan lingkungan fisik dimana data tersebut mengalir atau lingkungan fisik dimana data tersebut akan disimpan

Pengertian DFD : James A. Hall

Data Flow Diagram adalah Suatu diagram yang menggunakan simbol-simbol untuk mencerminkan proses, sumber-sumber data, arus data dan entitas dalam sebuah sistem.
Contoh Penerapan Metode RAD

Tingkatan Level DFD

Didalam DFD terdapat 3 level, yaitu :

  1. Diagram Konteks : menggambarkan satu lingkaran besar yang dapat mewakili seluruh proses yang terdapat di dalam suatu sistem. Merupakan tingkatan tertinggi dalam DFD dan biasanya diberi nomor 0 (nol). Semua entitas eksternal yang ditunjukkan pada diagram konteks berikut aliran-aliran data utama menuju dan dari sistem. Diagram ini sama sekali tidak memuat penyimpanan data dan tampak sederhana untuk diciptakan. 
  2. Diagram Nol (diagram level-1) : merupakan satu lingkaran besar yang mewakili lingkaran-lingkaran kecil yang ada di dalamnya. Merupakan pemecahan dari diagram Konteks ke diagram Nol. di dalam diagram ini memuat penyimpanan data. 
  3. Diagram Rinci : merupakan diagram yang menguraikan proses apa yang ada dalam diagram Nol.
Contoh Diagram Konteks

Simbol DFD


Terminator / External Entity
Orang, organisasi, atau sistem yang berada di luar sistem tetapi berinteraksi dengan sistem.

Proses 
Proses menggambarkan bagian dari sistem yang mentransformasi kan input ke output. Pemberian nama pada komponen proses menggunakan kata kerja yang membutuhkan subyek (transitif). 

Data Store 
Data store digunakan untuk membuat model sekumpulan paket data. Data Store biasanya berkaitan dengan penyimpanan seperti file atau database yang berkaitan dengan penyimpanan, baik secara komputerisasi, misalnya file hardisk, maupun manual, misalnya nama dan alamat pada buku alamat. Nama yang diberikan pada data store biasanya menggunakan kata benda jamak. 

Alir Data 
Alir Data ini digunakan untuk menerangkan perpindahan data atau satu paket data/informasi dari satu bagian sistem ke bagian lainnya. Biasanya pemberian nama pada alur data dilakukan dengan menggunakan kata benda.

Oke sekian postingan saya kali ini, semoga kalian menjadi lebih ahli dalam analisis sistem. Semoga bermanfaat sampai jumpa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Simbol DFD (Data Flow Diagram)"

Post a Comment

1. Berikan Komentar yang Relevan
2. Tidak Mengandung SARA
3. Berkomentar yang Sopan

Konsultasi Aplikasi