Tutorial Cara Menggunakan Virtualenv

Assalamualaikum wr wb
Haii semuanya udah lama saya ngga posting di blog ini, gatel juga rasanya tangan ini pengen nulis aja. Walaupun hari ini blog ini gak saya pasangin adsense karena ada konten saya yang dinilai menyalahi aturan adsense tapi tetep aja buat saya semangat untuk nulis postingan.

Beberapa hari yang lalu saya lagi semangat belajar Django, sebuah web framework dengan bahasa python. Ya saya dari dulu pengen nyobain django framework dulu pernah belajar tapi berenti karena masih bingung.

Dan akhirnya di kampus saya belajar bahasa php, untuk membuat web dengan bahasa php udah lumayan sih saya gak ada kesulitan dan saya juga lagi ngembangin aplikasi parkir dengan php. Insyaallah saya opensource kan.

Kenapa saya belaja django ? karena saya pengen nyoba yang lain, bahasa php udah banyak banget yang make, jadi saya beralih ke python. Saya juga punya keinginan untuk belajar Kecerdasan Buatan dan Data Mining, di python itu udah lumayan banyak librarynya jadi saya putuskan saja belajar python.

Dan saya dulu udah pernah belajar python jadi sekarang saya belajar django tinggal ngelengkapin aja.

Ketika belajar django saya baca artikel dan disarankan untuk pakai virtualenv. Apa itu virtualenv ? virtual env merupakan sebuah sistem enkapsulasi di python. Saya bingung jelasinnya, tapi bahasa singkatnya gini. Kamu buat sistem tapi sistem itu pengen ngga terpengaruh dengan sistem yang sekarng kamu buat.

Misal kamu buat aplikasi siakad, dan aplikasi parkir, di pc kamu terinstall django versi 1 untuk kamu gunakan mengembangkan aplikasi parkir. tapi kamu pengen pakai django versi 2 untuk aplikasi siakad.

Nah gunakan saja virtualenv untuk membungkus sistem yang kamu buat. Di aplikasi siakan kamu bisa pakai versi 2 di aplikasi parkir versi 1. Kalau kamu tanpa virtualenv, jelas kamu ngga bisa install aplikasi yang sama dalam dua versi, tapi karena pakai virtualenv maka bisa dengan mudah dilakukan.

Cara pakainya gimana ?

1. virtualenv cobaenv
maka akan menhasilkan output seperti dibawah ini pada terminal

Tutorial Cara Menggunakan Virtualenv

2. Menjalankan virtualenv
source cobaenv/bin/activate

Tutorial Cara Menggunakan Virtualenv

3. Mematikan virtualenv
deactivate

Oke sekian post kali ini semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tutorial Cara Menggunakan Virtualenv"

Post a Comment

1. Berikan Komentar yang Relevan
2. Tidak Mengandung SARA
3. Berkomentar yang Sopan

Konsultasi Aplikasi