Cara Melihat Proses yang Sedang Berjalan di Linux

Assalamualaikum wr. wb.
Linux saat ini sudah saya gunakan sehari hari, tepatnya setelah saya semester 2 kuliah di Politeknik Negeri Lampung. Sebenarnya saya sudah ingin total pakai linux sejak semester 2, tapi karena ada hal yang berkaitan dengan tugas kuliah maka saya tahan untuk migrasi ke linux.

Di linux ini saya mengerjakan tugas kuliah dan banyak hal, seperti belajar install android studio di linux, belajar python, cara menggunakan ssh, dan masih banyak hal lainnya. Saya memakai ubuntu tidak mengalami kesulitan, mungkin sedikit kesulitan ketika harus ada tugas yang diselesaikan dengan aplikasi yang hanya ada di windows contoh nya ketika saya membuat class diagram pt bendi car, saya harus menyelesaikan nya dengan aplikasi Enterprise Architect yang saya jalankan di virtual box.

Oke udah ah basa basinya, sekarang ke inti utama post ini yaitu cara melihat service yang aktif di ubuntu. Kalau di windows  kan untuk melihat proses yang sedang berjalan pakai cara tekan ctr+alt+del. Tapi kalau untuk cek service di ubuntu caranya berbeda.

Cara Melihat Service yang Aktif di Linux

Pertama tama untuk cek service yang sedang aktif di ubuntu ataupun di linux lainnya dengan cara membuka terminal linux.

Kemudian setelah terminal linux terbuka, ketikkan command "top" untuk melihat service yang sedang berjalan di linux anda.

Cara Melihat Proses yang Sedang Berjalan di Linux

Sekarang kalian sudah bisa melihat proses yang sedang berjalan di ubuntu. Selanjutnya saya kana memberikan penjelasan apa itu PID, USER, PR, dll.
  1. PID – Process ID adalah nomor unik identifikasi proses.
  2. USER – Nama pengguna yang menjalankan proses.
  3. PR – Angka prioritas proses.
  4. NI – Nice value, untuk modifikasi nilai prioritas.
  5. VIRT – Jumlah Virtual Memory yang digunakan.
  6. RES – Memory bukan jenis SWAP yang dipakai.
  7. SHR – Besar Memory yang kemungkinan bisa dibagikan (Shared) dengan proses lain.
  8. S – Status dari proses.
  9. %CPU – Berapa persen proses tersebut menggunakan CPU dari total kemampuannya.
  10. %MEM – Berapa persen proses itu memakai Memory dari total kapasitas yang ada.
  11. TIME+ – Berapa lama proses tersebut aktif.
  12. COMMAND – Nama proses atau program yang sedang berjalan.
Untuk melihat proses yang berjalan di linux tidak hanya dengan command top saja, tapi ada command lain yang bisa digunakan cek service yang sedang berjalan.

Command yang bisa digunakan selain "top" untuk melihat proses yang berjalan di linux adalah "ps" cara penggunaannya adalah:

ps -aux
Digunakan untuk melihat semua proses di linux baik itu user biasa maupun root.

Cara Melihat Proses yang Sedang Berjalan di Linux



pstree
Digunakan untuk melihat proses yang sedang berjalan di linux secara hirarki

Cara Melihat Proses yang Sedang Berjalan di Linux

Sekian postingan saya tentang cara melihat proses yang berjalan di linux. Kalau kalian masih pemula di bidang linux, bisa coba lihat lihat tutorial saya tentang Sruktur direktori linux dan fungsinya, Cara cek ip linux, dan Cara ping di linux

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Melihat Proses yang Sedang Berjalan di Linux"

Post a Comment

1. Berikan Komentar yang Relevan
2. Tidak Mengandung SARA
3. Berkomentar yang Sopan

Konsultasi Aplikasi