Format Penulisan Laporan

Assalamualaikum wr. wb.
Kesempatan kali ini saya  akan membuat post mengenai format penulisan laporan, format penulisan laporan ini hampir sama dengan format penulisan makalah. Format yang saya berikan ini bisa digunakan untuk dijadikan format penulisan laporan praktikum maupun format penulisan laporan penelitian.
Jasa Redesign Template
Oh ya untuk kalian ketahui format penulisan laporan ini sudah sering saya gunakan pada laporan laporan saya, diantaranya adalah laporan praktikum sistem operasi, laporan analisis dan perancangan sistem informasi, dan laporan praktikum jarkom.

Untuk membuat laporan praktikum ataupun laporan penelitian tidak sembarangan asal tulis saja, butuh format atau standar untuk melakukan penulisan laporan. Format penulisan ini berfungsi agar kita tidak asal asalan dalam membuat laporan, serta membuat laporan praktikum menjadi seragam.
Laporan Praktikum ANSI
Susunan utama dalam membuat penulisan laporan adalah sebagai berikut ini :

Cover

BAB 1 PENDAHULUAN
- 1.1 Latar Belakang Masalah
- 1.2 Tujuan
- 1.3 Rumusan Masalah

BAB 2 LANDASAN TEORI

BAB 3 PEMBAHASAN

BAB 4 PENUTUP
- 4.1 Kesimpulan
- 4.2 Saran

DAFTAR PUSTAKA

Nah diatas adalah susunan untuk format penulisan laporan. Selanjutnya adalah bagaimana format penulisan laporan nya pada aplikasi pengolah kata yang kita gunakan. Disini jika kalian terbiasa menggunakan windows bisa menggunakan microsoft word, dan kalau kalian terbiasa di linux bisa menggunakan libreoffice writer.

Pada contoh ini yang saya gunakan adalah libreoffice writer, tapi cara ini juga bisa diterapkan di microsoft word versi berapapun itu.

Margin dan Ukuran Kertas pada Laporan
Untuk membuat laporan kita harus terlebih dahulu mengatur margin dokumen kita atau lembar kerja kita, format penulisannya adalah seperti dibawah ini.

Left : 4
Right : 3
Bottom : 3
Top :3

Untuk ukuran kertas pilih yang ukuran A4.

Format Penulisan Laporan

Pada screenshot diatas saya pakai ukuran inchi jadi terlihat berbeda, padahal itu sama saja.

Spasi pada Laporan
Ukuran spasi pada format laporan yang biasanya dibuat adalah 1.5 dengan before dan after berukuran 0.
Format Penulisan Laporan

Font pada Laporan
Pada penulisan laporan perlu juga dilakukan setting pada font, jenis font apa yang digunakan dan berapa ukuran font yang digunakan. Biasanya dalam membuat laporan praktikum, ukuran yang digunakan untuk font adalah 12px dan jenis fontnya adalah Times New Roman. Akan tetapi pada aplikasi libreoffice writer tidak ada font times new roman sehingga saya pakai font Liberation Serif yang mirip sekali dengan Times New Roman.

Format Penulisan Laporan

Sebelum melakukan pembuatan laporan praktikum, alangkah baiknya kalian melakukan pengaturan pada lembar kerja yang sedang dibuat sesuai dengan format penulisan laporan yang sudah saya berikan diatas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Format Penulisan Laporan"

Post a Comment

1. Berikan Komentar yang Relevan
2. Tidak Mengandung SARA
3. Berkomentar yang Sopan

Konsultasi Aplikasi